Senin, 25 Juni 2018

MENJAGA KESEHATAN PRIBADI (PERSONAL HYGIENE)

Hasil gambar untuk ISTILAH-ISTILAH KESELAMATAN KERJA

1. Pengertian Personal Hygiene
sepatu safety murah - Hygiene yaitu usaha untuk pelihara dan mempertinggi derajat kesehatan, atau pengetahuan yang mendalami beberapa cara yang bermanfaat buat kesehatan. Sedang personal hygiene yaitu usaha untuk pelihara, melindungi dan mempertinggi derajat kesehatan individu dimulai dengan ujung rambut sampai ujung kaki (Retno yuliati dan Yuliarsih, 2002).

Gaya hidup sehat yaitu tabiat positif dalam pola hidup sehari-hari yang berpengaruh baik pada kesehatan individu. Tidak disanggah bahwa kesehatan jasmani didambakan oleh kebanyakan orang. Apakah saudara ingin memiliki gaya hidup yang sehat? Pastinya olah raga teratur, konsumsi makanan yang sehat bergizi, rajin melaksanakan ibadah dan berdoa, melestarikan lingkungan (tidak menebang
pohon asal-asalan), memiliki jamban yang bersih, sehat dan aman, dan tidak melakukan seks bebas, dan menjauhi rokok dan narkoba  Semua sudah ketahui tapi apakah Saudara udah mulai melaksanakannya?

Menurut sebuah analisa oleh banyak pakar fisiologi Kampus Indonesia, life-style sehat dapat :

  • kurangi dampak terserang penyakit dorongan darah 
  • tinggi sampai 55% ; 
  • kurangi dampak diabetes sampai 50% ; 
  • kurangi dampak terserang tumor dan kanker sampai 35% ; 
  • kurangi dampak terkena 
  • serangan stroke dan jantung koroner sampai 75% ; 
  • dan yang paling penting yaitu umur keinginan hidup dapat diperpanjang sampai 10 th. ke atas dari ratarata umur keinginan hidup manusia Indonesia. 

Manusia dimaksud sehat jikalau tidak sekedar sehat jasmani, tapi juga sehat rohani. Hingga badan sehat dan baik dari sisi kesehatan mencakup segi fisik, mental dan sosial dan tidak sekedar bebas dari penyakit (arti sehat WHO Melindungi Kesehatan Pribadi 38 Th. 1950).

Semua segi itu bakal pengaruhi penampilan (performance) setiap individu, dalam mengerjakan aktivitas sesehari seperti bekerja, berkarya, berkreasi dan melakukan perihal yang produktif serta berguna. Kesehatan, pendidikan dan pendapatan setiap individu merupakan tiga hal dasar yang sangat pengaruhi kwalitas sumber daya manusia. Oleh karenanya setiap individu punya hak dan harus senantiasa melindungi kesehatan, yang menjadi modal utama agar dapat hidup produktif, bahagia dan sejahtera. (Bennett NB. Silalahi, 1995)

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.