Rabu, 09 Agustus 2017

Langkah Mudah Membuat Powerbank Sendiri Mudah dan Praktis


Saat ini powerbank telah jadi salah satu keperluan yang primer untuk pemakai gadget android maupun smartphone. Mengkonsumsi baterai yang boros memaksa beberapa orang memilih untuk memakai powerbank untuk mendukung pemakaian gadget mereka. Harga powerbank juga beragam jenis, ada yang beberapa puluh ribu sampai beberapa ratus ribu rupiah. Harga dari powerbank ini tergantung pada kwalitas dan power yang didapatkan. Tahukah Kamu, sesungguhnya powerbank dapat di buat sendiri dengan biaya yang murah. cara membuat power bank kapasitas besar sendiri itu tidak susah, bila semua alat telah disediakan dapat di buat sendiri tanpa ada harus beli powerbank yang mahal sekali lagi.

Sebelumnya mulai cara buat powerbank sendiri, Kamu perlu mempersiapkan beberapa alat berikut ini :

  • Tang pemotong untuk kabel dan kawan
  • Obeng semua ukuran
  • Timah 
  • Solder 
  • Baterai yang dapat di isi ulang 
  • Casing atau Box 
  • Tempat untuk baterai isi 4 atau 6 
  • Saklar untuk On dan Off 
  • Terminal untuk kabel 
  • Charging yang di mobil 

Setelah semua alat yang diperlukan telah siap, Kamu telah dapat buat powerbank sendiri. Mengenai cara membuat power bank dari charger hp yakni :

  1. Langkah awal untuk buat powerbank sendiri yakni, bongkarcharger untuk mobil dan ambillah bagian PCB yang ada didalamnya. Bagian PCB ini yaitu bagian yang sangat penting dan sangat vital untuk buat powerbank sendiri. PCB sendiri sangat penting, PCB dipakai jadi penurun tegangan.
  2. Setelah PCB siap, sediakan casing untuk PCB itu. Setelahsiap, lem PCB dengan casing dengan lem khusus atau yang umum dimaksud dengan glue gun. Terminal On dan Off juga dipasang bersebelahan dengan PCB. 
  3. tahap selanjutnya yakni melakukan wiring. Cara buat powerbank sendiri dalam sistem wiring Kamu tinggal menghubungkan beberapa kabel. Kabel-kabel penambahan ini sangat penting. Cara wiring yakni sambungkan kabel biru (+) dengan kabel berwarna merah, sedang kabel kuning (-) dikaitkan dengan kabel hitam. Kabel yang berwarna merah dikaitkan dengan switch on dan off. Kabel yang telah dirangkai disambungkan dengan kabel yang berada di terminal. 
  4. Cara buat powerbank sendiri setelah wiring atau menempatkan rangkaian yaitu eksperimen wiring. Untuk menguji rangkaian yang telah di buat dapat dilakukan lewat cara menghubungkan rangkai dengan power suplai atau PS Dc 10V lalu dikaitkan ke gadget Kamu. Bila telah dapat charging bermakna PB Kamu telah di buat dengan prima. 
  5. Setelah sistem pengujian usai, yang perlu Kamu kerjakan yaitu ganti Power Suplai atau PS DC dengan baterai yang telah disiapkan. Kamu dapat memakai 8 buah baterai isi ulang. Daya yang dibuat dari 8 baterai ini sekitar 700 mAH. Kamu dapat memakai dua buah tempat baterai dengan isi satu tempat untuk 4 baterai. Dengan memakai baterai yang begini akan hasilkan tegangan 9 volt. Ingat 8 baterai disusun jadi satu rangkaian seri. 
Sangat mudah bukanlah cara buat powerbank sendiri? Untuk melakukan charge pada powerbank yang di buat sendiri itu langkahnya sangat mudah, Kamu tinggal menarik kabel menuju terminal kabel ke-2 yang berada di belakang baterai. Dengan langkah tersebut baterai powerbank Kamu akan isi dengan sendirinya. Kamu juga perlu ketahui tegangan baterai punya Kamu. Jangan pernah voltage pada powerbank buatan Kamu lebih dari voltage pada gadget Kamu. Bila hal semacam ini terjadi peluang besar baterai gadget Kamu dapat rusak. Bukan sekedar baterai saja mungkin saja gadget Kamu akan rusak karena masalah voltage dari powerbank yang Kamu pakai.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.