Minggu, 06 Mei 2018

5 Hal yang Patut Diminta ke Perusahaan untuk Meningkatkan Keselamatan Kerja

Gambar terkait

sepatu safety murah - Pernah dengar istilah Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan kata lain K3? Bila belum juga, sekaranglah waktunya untuk kamu untuk mencari tahu dan mengaplikasikannya.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja yaitu arti dalam dunia kerja sebagai patokan untuk entrepreneur dan pekerja untuk pelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. Ditempat kerja, aplikasi K3 harus hukumnya.

Problemnya, belum juga semuanya manajemen perusahaan mengaplikasikan K3 dengan benar. Walau sebenarnya K3 perlu buat perusahaan, terlebih pekerja.

Menurut Undang-Undang Nomor 13 Th. 2003, semuanya type usaha harus mengaplikasikan K3. Jadi, bila anda saat ini telah bekerja, yakinkan tempat kerjamu mengaplikasikan K3. Soalnya itu hak anda jadi pekerja.

Nah, bila nyatanya perusahaan anda belum juga miliki standard K3, simak 5 hal yang pantas disuruh ke perusahaan untuk tingkatkan keselamatan kerja di bawah ini :

1. Fire Drill Berkala

Fire drill yaitu latihan atai simulasi menyelamatkan diri dari kebakaran. Jadi bila tahu-tahu gedung tempatmu bekerja kebakakaran, kamu paham.kamu mengerti apa yang perlu diperbuat. Cobalah saksikan di sekitar gedung, adakah tabung pemadam kebakaran? Ada kapak? Selang kuning? Sudah mengetahui peranannya dan langkah pakainya?

Beberapa hal itu akan diterangkan dalam fire drill. Termasuk juga bagaimana keluar dari gedung, apakah lewat lift atau tangga. Yang perlu, janganlah anjlok dari jendela seperti di film-film.

2. BPJS

Pekerja harus minta BPJS. Iuran keseluruhan buat BPJS Ketenagakerjaan ini yaitu 5, 7% dengan perincian 2% dibayar pekerja dan bekasnya dibayar perusahaan. Tapi banyak pekerja yang memprotes masih tetap mesti bayar buat bisa jaminan BPJS, walau hanya 2%. Memanglah sich, namanya potongan ya memberatkan. Terlebih bila upahnya pas-pasan.

Tapi inget, potongan ini bukanlah buat perusahaan, tapi buat kita sendiri. Uang yang dipotong ini nantinya akan balik ke kita berbentuk jaminan pensiun, jadi janganlah cepat-cepat memprotes. Baca : Miliki Kartu BPJS Tidak Butuh Takut Jadi Korban PHK

Bila teratur bayar BPJS, dapat dapet uang pensiun kelak. Bila tidak, bebrapa dapat pensiun dalam kondisi bangkrut. Amit-amit, kan?

Bila perusahaan anda tidak ingin bayarin BPJS, laporin saja ke dinas tenaga kerja setempat. Soalnya keharusan pemberian BPJS buat pekerja telah ditata di Undang-Undang No. 3 Th. 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Bila entrepreneur tidak ingin bayar, izin usahanya dapat dicabut!

3. Helm

Ini nih, perlengkapan harus buat kalian yang kerja di project pembangunan atau tambang. Tempat kerja kalian mesti miliki helm yang jumlahnya sesuai sama jumlah keseluruhan pekerja plus buat tamu.

Tidak ingin kan, sekali lagi enak-enak kerja tahu-tahu bletaaak, batu bata jatuh ke kepala dan buat bochoor bochoor. Problemnya, banyak pula pekerja lapangan yang berlaku emangnya gue fikirin. Telah disediain helm, tapi tidak digunakan. Argumennya macem-macem, dari baunya tidak enak, tidak nyaman, hingga takut rambut rusak bila dipakein helm. Krik.. krik.. krik…

Satu sekali lagi, helm project bukanlah buat naik motor ya. Alih-alih, dapat berbuntut dua hal : dirazia polisi atau disetop orang di jalan buat diminta bantu perbaikan tempat tinggalnya.

4. Sarung tangan

Bila pekerjaanmu berkaitan dengan kesibukan obok-obok gunakan tangan, sarung tangan harus disiapkan perusahaan dan digunakan pekerja. Misalnya kerja di perusahaan komponen listrik atau pabrik kimia.

Kehadiran sarung tangan ini perlu banget, jadi janganlah disalahgunakan. Soalnya banyak pula pekerja yang nyolongin sarung tangan kerja untuk dibawa pulang. Ada lho yang bawa pulang sarung tangan pabrik dengan argumen motifnya cute, soalnya memang ada yang gambarnya love-love gitu.

Ada yang jadi alat buat megang panci panas istri di rumah. Ada pula yang gunakan sarung tangan kerja buat naik motor. Ckckckck. Bila dicolongin selalu, janganlah heran bila perusahaanmu stop nyediain alat pelindung diri itu.

5. P3K

P3K singkatan dari pertolongan pertama pada kecelakaan. Cobalah, apa yang perlu dilakuin bila ada teman kerja terkena serangan jantung atau penyakit kronis beda? Baca : Mending Berbagi Informasi Sekitar Kanker Ini Daripada Berita Isu

Masalah perlakuan pertama ini perlu banget agar rekanan kerja yang celaka ditempat kerja tidak liwat nyawanya. Jadi, mintalah latihan P3K dengan teratur dari perusahaan. Diluar itu, kotak P3K yang berisi obat-obatan harus berada di tiap-tiap perusahaan. Tapi jangan sampai nyolongin obat-obatan itu buat stock di rumah.

Umumnya yang menyukai ambillah obat di kotak P3K kantor buka toko kelontong di rumah. Hayo, ngaku. Bila mendadak ada yang butuh obat itu dan nyatanya stoknya kosong, bagaimana? Dosa kita bila buat sulit orang.

Tersebut beberapa hal yang dapat kita tuntut dari perusahaan agar tingkatkan keselamatan kerja, hingga kita dapat bekerja dengan nyaman dan tenang. Bila pekerja melihat sepele K3, nyesel kelak bila benar ada peristiwa yang meneror keselamatan kerja.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.